KERJA SAMA

Departemen Politik dan Pemerintahan
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Gadjah Mada

Dalam rangka untuk memperluas jejaring dengan berbagai pihak dan semangat kolaborasi kampus, Departemen membuka peluang kerjasama berbagai kegiatan dengan para mitra. Kerjasama yang selama ini kami jajaki adalah berupa kerjasama dalam bidang akademik, kerjasama bidang riset, kerjasama publikasi dan kerjasama dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. Namun demikian kami juga senantiasa membuka peluang kerjasama dalam bidang-bidang lain yang sesuai dengan semangat UGM “Mengakar Kuat dan Menjulang Tinggi”, semangat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik “Committed to Science for Better Society” dan juga semangat Departemen Politik dan Pemerintahan “Humanizing Politics”.

Alur Kerja Sama

Berikut alur kerja sama dengan DPP Fisipol UGM:

  • Usulan disampaikan melalui surat resmi yang ditujukan kepada Ketua PolGov, merinci rencana kerjasama dengan PolGov.
  • Keputusan administrasi departemen disampaikan secara resmi oleh Ketua PolGov kepada instansi/individu yang mendukung usulan tersebut.
  • Jika kerjasama yang diusulkan disetujui, ketua PolGov dan tim klaster penelitian terkait membahas materi dan kesepakatan.
  • Perjanjian kerjasama dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) dan dibubuhi dengan proposal proyek dan anggaran. MoU ini harus ditandatangani oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, selaku perseorangan yang berwenang mewakili fakultas, dan oleh wakil dari lembaga/perseorangan mitra.

Periode/Waktu Kerjasama
Periode kerjasama dapat ditentukan dengan mengikuti kebutuhan program yang disepakati; per semester, per tahun atau multi tahun.