PROGRAM SARJANA / S1

Departemen Politik dan Pemerintahan
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Gadjah Mada

Sekuen Umum

Kurikulum Prodi S1 Ilmu Politik dan Pemerintahan UGM menggunakan kurikulum 2016 yang berlaku hingga saat ini. Mahasiswa wajib memenuhi syarat 144 SKS selama masa studi dengan mengambil mata kuliah yang telah disediakan. Mata kuliah yang ditawarkan bersifat semi paket dan terdiri dari mata kuliah wajib dan minat. Mata kuliah wajib berasal dari mata kuliah wajib universitas, fakultas, dan departemen. Sedangkan mata kuliah minat terdiri dari minat studi negara, intermediary, masyarakat, dan pilihan umum.

Pilihan Departemen

Mahasiswa dapat memilih mata kuliah pilihan yang telah dibagi ke dalam tiap semester di bawah ini:

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

S1 Ilmu Politik dan Pemerintahan UGM telah menerapkan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” (MBKM) sebagai salah satu metode pembelajaran bagi mahasiswa. MBKM merupakan program persiapan karir yang komprehensif sebagai bagian dari kebijakan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Melalui skema MBKM, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan, pengalaman dan skill di luar metode pembelajaran konvensional. Ada beberapa program yang ditawarkan dalam MBKM, diantaranya yaitu:

MAGANG

Program Magang MBKM memampukan mahasiswa untuk melaksanakan magang di instansi-instansi yang bergerak di bidang ilmu politik dan/atau ilmu pemerintahan guna merefleksikan teori yang telah didapatkan di kelas. Selain itu, mahasiswa juga dapat memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman yang didapat dari kegiatan magang untuk dituangkan dalam tugas akhir berupa skripsi karya magang.

INDEPENDENT STUDY

Program independent study bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hingga dua semester dan dapat dilakukan secara mandiri maupun berkelompok untuk membuat karya inovatif, ikut serta dalam proyek/kegiatan departemen atau terlibat dalam perlombaan di level nasional/internasional.

RISET

Dalam program riset, mahasiswa dapat mengikuti proyek penelitian di lembaga-lembaga riset. Melalui program ini, mahasiswa dapat mengasah ketrampilan, mendapatkan pengalaman dan mengasah kemampuan mengalisis data.

Indonesian International Student Mobility Awards

Mahasiswa dapat belajar 1 semester di perguruan tinggi di negara lain untuk mendapatkan pengetahuan baru maupun pengalaman selama tinggal di negara lain.

Kampus Mengajar

Mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengajar di SD maupun SMP sehingga dapat membagikan ilmunya dan memberikan inspirasi bagi siswa sekolah dasar dan menengah.

Membangun Desa (KKN Tematik)

Mahasiswa mempunyai kesempatan untuk berkontribusi dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan, sekaligus dapat belajar langsung dari masyarakat.

Pejuang Muda Kampus Merdeka

Program ini memberikan ruang pada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya dengan berkolaborasi dengan pemerintah daerah, tokoh masyarakat maupun tokoh agama di daerah.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Mahasiswa dapat belajar di kampus lain, sekaligus mempelajari budaya nusantara dan membangun pertemanan dengan mahasiswa di universitas lain.

Wirausaha Merdeka

Mahasiwa yang memiliki ketertarikan pada dunia wirausaha, dapat meningkatkan kapasitas, mendapat pengalaman, sekaligus membangun ide inovasi wirausaha yang berkelanjutan.

Proyek Kemanusiaan

Melalui program ini, mahasiswa dapat dapat mengembangkan kegiatan kemanusiaan untuk mengatasi isu-isu sosial.

Program-program diatas misalnya riset, aktivisme, magang, prestasi, yang sudah dilakukan oleh mahasiswa dapat diklaimkan sebagai kredit semester melalui skema rekognisi. Mekanisme ini membuka peluang bagi kegiatan mahasiswa di luar kampus untuk disetarakan dalam SKS.

KRS

Syarat mengisi KRS :

  1. Telah melakukan heregistrasi mahasiswa
  2. Telah mengisi evaluasi dosen mengajar (EDOM)
  3. Mahasiswa mengisi KRS sesuai jadwal yang ditentukan oleh Bagian Akademik Fakultas
  4. Seluruh mahasiswa aktif wajib mengisi KRS termasuk pengambilan skripsi.

Panduan melakukan KRS

Langkah-langkah melakukan KRS di sismaster dapat dilihat pada video berikut Panduan KRS untuk Mahasiswa Fisipol UGM

Nilai

Ujian

  1. Ujian diselenggarakan dua kali dalam satu semester oleh Fakultas yaitu ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS).
  2. Bentuk dan mekanisme ujian diserahkan kepada dosen pengampu mata kuliah yang akan disampaikan pada awal perkuliahan.
  3. Penilaian hasil belajar dilakukan oleh dosen yang mencakup akumulasi nilai ujian (tengah dan akhir semester), keaktifan di kelas, tugas, kedisiplinan, dan kejujuran akademik.
  4. Penentuan bobot setiap komponen diserahkan kepada dosen pengampu mata kuliah yang bersangkutan.

Indikator Nilai
Nilai akhir mahasiswa akan diserahkan dalam bentuk huruf dan angka dengan penjelasan mutu dan bobot yang terkandung sebagai berikut:

Transparansi Penilaian
Mekanisme pengaduan nilai disesuaikan dengan kontrak belajar di tiap mata kuliah. Apabila ada hal yang perlu dikomunikasikan dan dikonfirmasikan lebih lanjut, silahkan langsung menghubungi dosen yang bersangkutan. Apabila tidak mendapatkan tanggapan dari dosen yang bersangkutan dalam waktu dua minggu, maka dapat difasilitasi oleh pengelola prodi S1 DPP.

Indikator Penilaian Dosen

Cuti Mahasiswa

Cuti akademik adalah keadaan tidak terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada, maksimal dua semester berturut-turut dengan ijin tertulis dari Dekan atau Rektor.

Mahasiswa berhak untuk mengambil cuti akademik masa kuliah. Ketentuan pengambilan cuti akademik harus mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  • Dalam keadaan tidak terdaftar sebagai mahasiswa Fisipol (belum membayar BOP, SPP ataupun UKT)
  • Masa cuti akademik tidak melebihi (atau maksimal) dua semester kumulatif dan tidak berturut-turut
  • Bila persyaratan memenuhi maka ijin cuti diberikan oleh dekan. Apabila tidak memenuhi, ijin cuti diajukan kepada rektor.
  • Tidak berhak menerima pelayanan akademik (bimbingan tesis)
  • Syarat pengajuan cuti: a) terdaftar aktif pada semester sebelumnya; b) lulus minimal 30 SKS dengan IPK minimal 2.00
  • Prosedur cuti :
    1. Surat permohonan diajukan kepada Dekan dengan persetujuan Dosen pembimbing dan pengelola prodi
    2. Cuti diajukan selambat-lambatnya 2 minggu sebelum periode daftar ulang semester berikutnya;
    3. Cuti akademik tidak dihitung dengan kaitannya waktu studi
    4. Selama periode cuti akademik, mahasiswa yang bersangkutan tidak wajib membayar biaya SPP dan biaya lainnya

Fieldtrip

Fieldtrip merupakan kegiatan pembelajaran dengan melakukan kunjungan lapangan ke lembaga swadaya masyarakat maupun institusi pemerintahan sesuai dengan mata kuliah dan sasaran pembelajaran bagi mahasiswa.

Lembaga Swadaya Masyarakat
Metode field trip memampukan mahasiswa terlibat langsung dan berpartisipasi dalam kegiatan lembaga swadaya masyarakat serta berinteraksi dengan keragaman lokal yang mahasiswa temui. Beberapa diantaranya, mahasiswa telah mengikuti field trip bersama Lingkar Organik, Kelompok Tani di Tirtosari, Perpustakaan Open Page, dan lain-lain.

Lembaga Pemerintahan
Metode field trip memberi kesempatan pada mahasiswa untuk menemui aktor-aktor dalam pemerintahan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Beberapa diantaranya mahasiswa telah berkesempatan untuk berinteraksi dan mengikuti kegiatan KPU Kota Yogyakarta, DPRD DIY, dan lain-lain.

Kuliah Umum

Tak hanya belajar dari ruang kelas, kuliah umum memampukan mahasiswa untuk mempelajari isu-isu terkini dan praktiknya melalui narasumber yang ahli di bidangnya. Kuliah umum memperluas cakupan pembelajaran mahasiswa diluar mata kuliah yang telah ada dan memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan praktisi tersebut. Beberapa contoh kuliah umum yang telah dilaksanakan ialah “Sociopreneurship: Empowering Community through E-Commerce Innovation” bersama Founder Bukalapak, Achmad Zaky, dan “Big Data dan Perannya dalam Politik Elektoral di Indonesia” bersama Rustika Herlambang, Direktur Komunikasi Indonesia Indicator.

Dosen Tamu

Dosen tamu merupakan upaya untuk menyalurkan pengetahuan lapangan secara eksklusif dari praktisi di bidangnya bagi mahasiswa dengan metode diskusi hingga tanya jawab. Kehadiran dosen tamu membuat bahasan dalam perkuliahan semakin mendalam. Dosen tamu yang kerap kali menjadi narasumber dalam perkuliahan misalnya lurah.

Bantuan Dana

Klaim Insentif Lomba
Bagi mahasiswa S1 yang telah mendapatkan prestasi di tingkati provinsi hingga internasional dapat melakukan klaim insentif lomba dengan mengikuti cara berikut ini:

  1. Login ke akun Simaster di simaster.ugm.ac.id dan pilih sub menu “Aktivitas Mahasiswa” pada menu “Kemahasiswaan”
  2. Klik “Tambah Akivitas” lalu pilih “Prestasi” (Sang Juara) dan pilih “Kejuaraan/Kompetisi”
  3. Lengkapi data klaim prestasi lalu klik “Simpan Aktivitas”
  4. Pilih “Ajukan Prestasi” dan klik “Ya”
  5. Tunggu data diverifikasi oleh petugas hingga status berubah menjadi “Data Diterima”
  6. Ajukan insentif dengan klik “Ubah Insentif”
  7. Lengkapi data dan tunggu hingga insentif diberikan pada mahasiswa

Layanan WhatsApp Sub-Direktorat Kreativiras Mahasiswa dapat menghubungi 0822-4334-6611
Sumber informasi: Forum Advokasi UGM

NOKEGIATANNAMA MAHASISWAPRODIWAKTU & TEMPAT KEGIATAN
1Indonesia Management Student ConferenceRosemeini HeraningtyasDPPUnivestas Hasanuddin Makasar, 6-12 Februari 2017
2Apresiasi Penghargaan Juara Satu Kegiatan Kompetisi PUBLIC REALTIONS1. Harry Cahyono
2. Esty Nadya R
3. Putri Cahyaningtyas
DPPUniversita Katholik Widya Mandala Surabaya, 30 Maret-1 April 2017
3The 6th NIDA Summer Camp 2017Irwan HarjantoDPPNational Institude of Development Administration, Bangkok, Thailand, 12-21 Juni 2017
4The 14th Hokkaido Indonesian Student Association Scientific Meeting – HISAS 2017Joko SusiloDPPHokkaido University Japan, 18-19 Desember 2017
5Southeast Asia Leaders Summit (SEALS) 2017A. Naufal AziziDPPRuang Auditorium Gedung Nusantara V BDPD/DPR/MPR RI, 11-Apr-17
6Coll for Conference Goverment Fiesta ( Goviesta 2017 )1. Aldiego Adhi M
2. Daniel Andara K
DPPAula LKPP Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politk Universitas Hasanudin, 19-24 Marret 2017
7Southeast Asia Leaders Summit (SEALS) 2017Farahita NandiniDPPRuang Auditorium Gedung Nusantara V BDPD/DPR/MPR RI, 11-14 April 2017
8Yuth Student Delegates – ADFEST 20171. Purnomo Arief
2. Elrepyan Upadio
DPPThe Pattaya Exhibition and Convention Hall Pattaya, Thailand, 23- 27 Maret 2017
9Kompetisi Debat Pekan Raya 20171. Jefri Andika Pakpahan
2. Mohammad Idham Barieq
3. Tantri Fricilla Ginting
DPPGedung G dan I Kampus PKN STAN Bintaro, Tanggerang 31 Maret-2 April 2017
10Southeast Asia Leaders Summit (SEALS) 2017Ahmad Naufal AziziDPPJakarta, Indonesia, 11 – 14 April 2017
11Southeast Asia Leaders Summit (SEALS) 2017Farahita NandiniDPPJakarta, Indonesia, 11 – 14 April 2017
12“Debat Politik Mahasiswa Tingkat Nasional Ke-3”Oktafia Kusuma Sari Defila Priana Falamira MawaddatusolihaDPPUniversitas Negeri Semarang, 19 – 21 Mei 2017
13ASEAN YOUTH SUMMIT 2017 (Model Asean Meeting)Oktafia Kusuma SariDPPDe La Salle University Manila,Philippines, 24 – 27 April 2017
14International Student Cultural and ProgramRostya Septiana PutriDPPSingapura – Malaysia, 9 – 12 Juli 2017
15International Student Cultural and EducationAliyah Almas SaadahDPPSingapura – Malaysia, 9 – 12 Juli 2017
16The 14th EASP Annual Conference 2017Irwan HarjantoDPPNagoya University, Nagoya, Japan, 1 – 7 Agustus 2017
17ASEAN YOUTH LEAD Exchange Program 2017Aliyah Almas SaadahDPPChulalungkorn University, Thailand, 30 Juli – 7 Agustus 2017
18International Conference on Education, Psychology and Social Sciences 2017 (ICEPSS 2017) International Research Enthusiast SocietyGigich Ilmy FalarimaDPPBulacan, Filipina, 1 – 3 Juni 2017
19CallFor Research Competition (CFRC) 2017Miftah Farid MahardikaDPPGedung Teresia FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 18 Mei – 16 September 2017
20The 5th ASEAN Future Leaders SummitDicky Adra PratamaDPPMalaysia & Thailand, 31 Juli – 13 Agustus 2017
21XIX world Festival of Youth and Student 2017Rostya Septiana PutriDPPSochi, Rusia, 12 – 23 Oktober 2017
22Future Leaders Summit (FLS) 2017Cut Khairina RizkyDPPSemarang, Indonesia, 9 – 10 September 2017
23” Immerse in the Culture and Experience the Exchange”Pungky Erfika SuciDPPChulalongkorn University dan Silpkorn University, Bangko, Thailand, 18 – 21 November 2017
24World Festival of Youth and Student 2017Rut T.SimanjuntakDPPSochi, Rusia,14 – 23 Oktober 2017
25The 5th ASEAN Future Leaders SummitDicky Adra PratamaDPPMalaysia & Thailand, 1 Juli – 13 Agustus 2017
26“Lomba Debat Nasional Social Political Competition (DSPC) 2.0”Mawaddatush Sholiha Defila Priana Falamira Oktafia Kusuma SariDPPUniversitas Dipnegoro, 28 -19 Oktober 2017
27The 13th International Conference on Humanities and Social SciencesMaria Angelica Christy AkaDPPFaculty of Humanities and Social science, Khon Kaen University, Thailand, 2 – 3 November 2017
28Commonwealth Youth ConferenceDicky Adra PratamaDPPCyberjaya,Malaysia, 3 – 5 November 2017
29Lomba Debat Pendidikan Tingkat Mahasiswa Se – IndonesiaIkhlasul Affa Defila Priana Falarima Mawaddatush SholihaDPPUIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 13 -14 November 2017
30Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Nasional ke 3M Ikhlasul Affa Defila Priana Falamira Mawaddatush SholohaDPPGedung G2 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, 3 – 4 November 2017
31The 13th International Conference on Humanities and Social Sciences (ICHUSO)M.Dimas Ponco WiriantoDPPKhon Kaen University,Khon Kaen,Thailand, 02 – 03 November 2017
32Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Padjadjaran Social and Political (PSP) DaysRostya Septiana Putri Mawaddatush Sholiha Oktafia Kusuma SariDPPGedung Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran, 01 -02 Desember 2017
33Diponegoro Social Political CompetitionMawaddatush SholihaDPPFISIP Universitas Diponegoro, 27 – 29 Oktober 2017
34“Immerse inthe Culture and Expeience the Exchange”Pungky Erfika SuciDPPSilparkom University dan Chulalongkom Universit,Bangkok,Thailand, 18 – 21 November 2017
35Call for Conference Government Fiesta ( Goviesta 2017 )1. Putri Intan Rengganis
2. Pungky Erfika Suci
DPPAula LKPP Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politk Universitas Hasanudin, 19-24 Maret 2017
36( Call for Paper ) The 6th NIDA Summer Camp 2017Irwan HarjantoDPPBangkok, Thailand, 12 -21 Juni 2017
37“Kompetisi Debat Nasional Pilar Politik 2017”Aliya Almas Saadah Muhammad Subhi Adzimi Rostya Septiana PutriDPPFISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 16 – 19 Mei 2017
38Ekspedisi Nusantara JayaDicky Adra PratamaDPPTanjung Rhu, Bengkalis, Riau, 13 – 24 September 2017
394th Bangkok Internasional Conference on Social Science & Humanities (ICSSH)Maria Angelica Christy AkaDPPKasetsart University, Chatuchak, Bangkok, Thailand, 21 – 22 November 2017
40Commonwealth Yuoth summit 2017Dicky Adra PratamaDPPMalaysia, 03 – 05 November 2017
41Indonesian Debate Competition-Pekan Politik Kebangsaan 20171. Alfah Bagus P.E.I
2. Joko Susilo
DPPUniversitas Andalas Padang,Sumatera Barat, 01-03 Maret 2017
42Asean Youth Summit 2017Oktafia Kusuma SariDPPDe La Salle University Manila,Philippines, 24-27 April 2017
43International Conference in Humanity-The International Student Festival in Trondheim (ISFiT) Noeway 2017Aliyah Almas SaadahDPPNorwegian University of Science and Technology (NTNU), 9-19 Februari 2017
44Singapore 25 th International Conference on Business,Economics,Sosial Science and Humanities (BESSH) 2017Eni KhusnawatiDPPHotel Grand Pacific Singapore, 13-14 Januari 2017
454 th International Conference on English Literature and Humanities (ELH-2017)Gigich Ilmy Al BonadiDPPKyoto,Jepang, 20-21 April 2017
46Call for Conference Goviesta 20171. Anisyah Nur Ismayaputri
2. Linda Br Ginting
DPPUniversitas Hasanuddin Makassar, 19-25 Maret 2017
47Southeast Asia Leaders Summit (SEALS) 2017Farahita NandiniDPPJakarta, 11-14 April 2017
48Southeast Asia Leaders Summit (SEALS) 2017Ahmad Naufal AziziDPPJakarta, 11-14 April 2017
49Call for Conference Goviesta 2017R.Wira Asmara GandaDPPUniversitas Hasanuddin, 19-25 Maret 2017
50Call For Conference Goviesta: Polemik Penyelenggaraan Pilkada Serentak1. Aldiego Adhi Makaysa
2. Daniel Andara Kalangie
DPPGedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar, 19 Maret – 25 Maret 2017
51Call For Conference Goviesta: Polemik Penyelenggaraan Pilkada Serentak1. Putri Intan Rengganis
2. Pungky Erfika Suci
DPPGedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 19- 25 Maret 2017
52Call for Conference, Goverment Fiesta (Goviesta) 2017, Polemik Penyelenggaraan Pilkada Serentak1. Putri Intan Rengganis
2. Pungky Erfika Suci
DPPAula LKPP Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politk Universitas Hasanudin, 19-24 Maret 2017
53International Student Cultural and EducationMiera Ludfia IslamyDPPSingapore-Malaysia, 9-12 Juli 2017
54Kompetisi Debat Pendidikan Tingkat Mahasiswa Se-Indonesia 2017Ayuseptiani Asari Putri Muhammad Subhi AdzimiJPPGedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 01-02 Januari 2017
55SIMBIZ 2017Alfath Bagus Panuntun E.IJPPBinus University International, 13-15 Januari 2017
56Lomba Debat Nasional1. Ahmad Naufal Azizi
2. Muhammad Subhi Adzimi
JPPRuang Aula FIK UNP, 02-03 Maret 2017
57Indonesia Management Student ConferenceRosemeini HeraningtyasJPPUniversitas Hasanuddin Makassar, 8-12 Februari 2017
58Youth Organization as The Informal Sourch of Cadre In Political Party: Case Study Partai Kebangkitan Bangsa(PKB) in Kebumen Regency,Indonesia1. Eni Khusnawanti
2. Waode Siti Mukmin
JPPBerjaya Times Square Kuala Lumpur,Malaysia, 27-28 Maret 2017
59Political Strategy on Borders Areas in Indonesian to Combat Human TraffickingGigich Ilmy Al BonadiDPPKyoto,Jepang, 20-21 April 2017
60Internasional Conference on Indonesian DevelopmentSurya IlhamDPPErames University Rotterdam , Notherland , 19 – 21 September 2019
61“Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Nasional Pekan Politik ” Universitas Negeri AndalasBagus Wicaksono Rahmayani Muhammad Fawwas RifasyaDPPUniversitas Andalas, Limau Manis , Padang, 05 April 2018
62” YOUCAN Social Expedition SUMBA 2018 “Rosemeini HeraningtyasDPPKadi Roma,Wewewa Tengah,Sumba ,NTT, 23 – 28 April 2018
63Call for Paper : The 7thnNIDA Summer ConferenceRuth T. SimanjuntakDPPNational Institut of Development Administration,Bangkok, Thailand, 11 – 20 Juni 2018
64Fition ( FISIP INTELLECTUAL COMPETITION ) 2018Ramadhanti FirmaningsihDPPLaboratorium Pariwisata Fisip Universitas Riau, 04 – 07 April 2018
65Kompetisi Inovasi Kebijakan Publik National Governance Days HIMA Ilmu Pemerintaha FISIP UnpadMuhammad Rilo Nugroho Adolfus Frederick Nova WidiaDPPUniversitas Padjajaran ,Bandung, 08 – 11 Mei 2018
66Kompetisi Debat nasional IPDN 2018Aliyah Almas Sa’adah Muhammad Subhi Adzimi Rostya Septiana PutriDPPGedung Ksatrian IPDN Kampus Sumedang, Jawa Barat , 03 – 06 April 2018
67Kompetisi Tari Tingkat Intenasional Etoiles De Paris International CompetitionRostya Septiana PDPPEuropen Association of Folklor Festivals ( EAFF ) , 03 – 06 Mei 2018
68Lomba Karya Tulis Ilmiah Nahasiswa Nasional “Pekan Politik V Universitas Andalas”Dikki Apriyanto Khairul Hasbi Kevin Hendrika SeptiDPPFisip Kmpus UNAND Limau Manis,Kota Padang , 02 – 07 April 2018
69The 4th World Conference on Women’s Studies 2018. ” Women’s Studies : Gendered Scholarship,Activsm,and storytelling for a sustainable planet “Anastasia Imelda C.DPPTaj Samudra Colombo, Sri Lanka, 03 -05 Mei 2018
70Tsinghua Univercity International Summer ScholRachmadita KusumastitiDPPTsinghua Univercity,Beijing,RRT, 15 – 28 Juli 2018
71Youcan Social Expedition Sumba, NTT 2018Nur Rizki AliminDPPSumba, NTT, 23 – 28 April 2018
72Youth Connect on Entrepreneurship ( YOUCEO ) Malaysia – SingaporeAdhika Trisliantama Mimbar Danu WijayaDPPMalaysia – Singapura, 05 -07 Agustus 2018
73” YOUCAN Social Expedition SUMBA 2018 “Sovia AnjaniDPPSumba, NTT, 23 – 28 April 2018
74” YOUCAN Social Expedition SUMBA 2018 “Isna Nur FajriaDPPSumba, NTT, 23 – 28 April 2018
75International Conference on Innovation in Globlal Business, Social Sciences & Economic (IGBSSE-2018)Dzikrina Azkia NavitriDPPHi Seoul Youth Hostel Seoul, South Korea 5-6 Oktober 2018
76International Conference on Innovation in Globlal Business, Social Sciences & Economic (IGBSSE-2018)Hilmy IndrastoDPPHi Seoul Youth Hostel Seoul, South Korea 5-6 Oktober 2018
77International Conference on Innovation in Globlal Business, Social Sciences & Economic (IGBSSE-2018)Gendis Syari WidodariDPPHi Seoul Youth Hostel Seoul, South Korea 5-6 Oktober 2018
78International Conference on Innovation in Globlal Business, Social Sciences & Economic (IGBSSE-2018)Anastasia Imelda C.DPPHi Seoul Youth Hostel Seoul, South Korea 5-6 Oktober 2018
79ASEAn Student Forum (ASF) 2018Dicky Adra PratamaDPPUniversiti Teknologi PETRONAS, Perak, Malaysia
80YouCan: Youth Center to Act for NationGigich Ilmy A.I.BDPPAtambua- Nusa Tenggara Timur, 6-11 Februari 2018
81252018 Conference : Re-thinking Region In Global International RelationAnastasia Imelda C.DPPAteneo De Davao 23-24 Maret 2018
82Initiative for Peace (IFP) Cambodia Conference 2018Dicky Adra PratamaDPPPhnem Penh, Kamboja : 12-16 Februari 2018
83International Conference on Social Policy in The Islamic World 2018Nur Rizki AliminDPPAllameh Tabab’i University, Tehrn, Iran : 12 – 13 Mei 2018
84YouCan : Youth Center Act for nationFarahita nandiniDPPAtambua- Nusa Tenggara Timur, 6-11 Februari 2018
85ASIA Youth Volunteer Camp Malaysia 2019Nova Widia WardaniDPPJanda Baik Village , Pahang , Malaysia 3 – 6 Mei 2019
868 th Nida Summer Camp 2019Rachmadita KusumastutiDPPNational Institutos Development Administration ( NIDA ), Bangkok , Thailand , 30 Juni – 08 Juli 2019
878 th Nida Summer Camp 2019Krisanti Arni DindaDPPNational Institutos Development Administration ( NIDA ), Bangkok , Thailand , 30 Juni – 08 Juli 2019
88Kompetisi Debat Nasional FESTKA 2019Tiara MeldyDPPUniversitas Negeri Malang , Jawa Timur , 26 – 28 April 2019
89Lomba Debat Nasional Diponegoro 4.0 Social Political CompetitionHanif Jati PambudiDPPUniversitas Diponegoro , Semarang , 25 – 27 Oktober 2019
90The Secon Irit’s Growch Leadership Program for Youth 2019Anggi FitrianiDPPUniversitas Negeri Semarang, 24 – 25 Juni 2019
91Permohonan Dana Bantuan Kegiatan Lomba Debat Pilar PolitikFandy Arrifqi Ikhsan Dwi P Jacinda Nuurun ADPPHimpunan Mahasiswa Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; 25 – 29 November 2019
92YOUCAN Empower for Nation Chapter Sabang 2020Putri Intan RengganisDPPKab. Sabang (NAD), 10-16 Februari 2020
93YOUCAN Empower for Nation Chapter Sabang 2020Isnan DiyahDPPKab. Sabang (NAD), 10-16 Februari 2020
94YOUCAN Empower for Nation Chapter Sabang 2020Putri Intan RengganisDPPKab. Sabang (NAD), 10-16 Februari 2020
95YOUCAN Empower for Nation Chapter Sabang 2020Isnan DiyahDPPKab. Sabang (NAD), 10-16 Februari 2020
96Apresiasi Juara I Kompetisi Konten Digital Tingkat Internasional “One Healt Workforce-next Generation Covid-19 Digital Awareness Challenge”Raihan NaufalDPPUniversitas Gadjah Mada, 06 November 2020
97Pengajuan Dana Apresiasi JUARA 1, Lomba Video & Animasi Badan pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Tingkat NasionalDanang Giri Sadewa (17/414906/SP/28033), Rayhan Naufal (17/413230/SP/27947)PSDK & DPP26 Maret 2021- 2 Mei 2021

Korps Mahasiswa Politik dan Pemerintahan (KOMAP)

Korps Mahasiswa Politik dan Pemerintahan (KOMAP) merupakan himpunan mahasiswa departemen yang menjadi wadah mahasiswa DPP UGM berorganisasi dan berdinamika bersama. Dalam KOMAP, mahasiswa dapat melatih kemampuan kepemimpinan, bekerja sama, hingga berkreasi dalam seni dan olahraga. KOMAP juga merupakan sarana advokasi bagi mahasiswa DPP UGM.

Jenis Tugas Akhir

Terdapat dua jenis tugas akhir yang dapat dipilih mahasiswa S1 Departemen Politik Pemerintahan yaitu:

Skripsi
Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang menjadi tugas akhir mahasiswa. Karya tulis ini didahului dengan penelitian ilmiah yang hasilnya kemudian disusun menjadi skripsi. Penulisan skripsi mempunyai bobot kredit sebesar 6 SKS.

Skripsi Karya

  1. Karya ilmiah yang merupakan tugas akhir mahasiswa, yang didahului dengan penelitian ilmiah, dengan dimensi praktis yang lebih kuat dibandingkan skripsi konvensional. Ada beberapa variasi bentuk skripsi karya, yaitu:
    1. Artikel Jurnal
      Karya tulis ilmiah yang disusun sesuai dengan kaidah penyusunan jurnal akademik. Jenis skripsi artikel jurnal memiliki bobot kredit sejumlah 6 SKS.
    2. Produk Advokasi
      Skripsi karya dengan variasi produk advokasi memiliki tiga bentuk meliputi:
      1. Policy Paper/Kertas Kebijakan
        Hasil penelitian yang fokus pada satu isu kebijakan tertentu dan memberikan rekomendasi kebijakan yang jelas kepada pembuat kebijakan. Policy paper memiliki bobot kredit sebesar 3 SKS.
      2. Naskah Akademik
        Naskah yang dipertanggungjawabkan secara ilmiah mengenai konsepsi yang berisi latar belakang, tujuan penyusunan, sasaran yang ingin diwujudkan dan lingkup, jangkauan, objek, atau arah pengaturan rancangan peraturan perundang-undangan. Naskah akademik memiliki bobot kredit sebesar 6 SKS.
      3. Film/video dokumenter
        Film/video non cerita yang menggabungkan unsur fakta dan unsur subyektifitas pembuatnya. Film/video dokumenter memiliki bobot kredit sebesar 6 SKS.
  2. Magang/Laporan magang

Bimbingan

Selama proses perkuliahan, mahasiswa akan melakukan komunikasi yang intens dengan satu Dosen Pembimbing akademik (DPA) masing-masing. Dalam proses pembimbingan ini, mahasiswa bisa mengkonsultasikan berbagi hal yang terkait dengan proses akademik seperti pengisian KRS, penentuan mata kuliah yang diambil hingga desain skripsi yang ingin ditulis. Semua proses pembimbingan dan konsultasi tersebut akan dimonitoring secara tertulis melalui Sistem Monitoring Kemajuan Akademik dan Kemajuan Pembimbingan Skripsi.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan oleh mahasiswa untuk mengikuti mekanisme pembimbingan dan konsultasi dengan dosen yaitu :

  1. Mengikuti jadwal bimbingan dan konsultasi. Mahasiswa dapat menghadiri bimbingan dan konsultasi sesuai jadwal yang telah ditentukan apabila dosen pembimbing yang bersangkutan sudah memiliki jadwal bimbingan dan konsultasi tetap.
  2. Membuat janji terlebih dahulu dengan dosen pembimbing. Hal ini diperuntukan apabila mahasiswa ingin mengikuti bimbingan atau melakukan konsultasi akademik dengan dosen pembimbing yang tidak menentukan jadwal tetap untuk bimbingan dan konsultasi. Mahasiswa dapat membuat kesepakatan waktu dengan dosen melalui email, menghubungi via telepon, maupun menemui secara langsung.

Pembimbingan Skripsi Alur pembimbingan skripsi bagi mahasiswa yang mengambil skripsi sebagai berikut:

  1. Pengelola jurusan menentukan pembimbingan bagi mahasiswa yang mengajukan tema/judul skripsi. Kriteria penentuan dosen pembimbing dengan mempertimbangkan beberapa hal meliputi :
    1. Kesesuaian topik skripsi dengan keahlian dosen
    2. Beban pembimbingan untuk tiap-tiap dosen
    3. Kriteria lain yang ditentukan jurusan
  2. Ketua jurusan mengeluarkan Surat Keputusan pembimbing skripsi
  3. Pembimbingan skripsi dimulai setelah jurusan mengeluarkan surat keputusan.

Proses pembimbingan dimonitori melalui buku monitoring kemajuan skripsi yang disediakan oleh Seksi Akademik dan Kemahasiswaan.

Riset

Riset merupakan elemen penting dalam proses pembelajaran mahasiswa, oleh karenanya Departemen Politik dan Pemerintahan UGM membuka kesempatan luas bagi mahasiwa untuk berkolaborasi dalam kegiatan riset yang dilaksanakan oleh Departemen Politik dan Pemerintahan UGM bersama dengan Research Center for Politics and Government (PolGov). Beberapa peranan yang dipegang aktif oleh mahasiswa ialah enumerator, transkriptor, dan guide.

Sebagai enumerator, mahasiswa berkesempatan untuk turun ke lapangan dan melakukan wawancara dengan para narasumber dengan dibimbing oleh para peneliti  PolGov. Sebagai transkriptor, mahasiswa mampu mengikuti diskusi dan hasil wawancara penelitian secara substansial dan menuliskannya dalam bentuk teks guna diolah menjadi data penelitian. Lalu, sebagai guide mahasiswa yang memiliki pengetahuan mengenai daerah-daerah penelitian akan turun ke lapangan dan mengikuti rangkaian riset bersama para peneliti PolGov.

Publikasi

Dalam hal publikasi, keterlibatan mahasiswa terbuka luas dalam pembuatan karya tulis berupa jurnal dan buku. Mahasiswa dapat terlibat melalui “Call for Paper” dan/atau pengumpulan tugas akhir dalam bentuk skripsi karya dengan memenuhi ketentuan seperti di bawah ini:

Call for Paper: Jurnal PolGov UGM

Tema penulisan:

  1. Gerakan sosial politik
  2. Politik agraria-pertanahan
  3. Pemilu dan pemilihan kepala daerah
  4. tema-tema lain terkait politik dan pemerintahan di Indonesia

Ketentuan penulisan:

  1. Naskah jurnal terdiri atas minimal 4.000 kata
  2. Naskah belum pernah diterima atau diterbitkan di jurnal manapun
  3. Penulis mampu mengikuti alur penerbitan sesuai dengan ketentuan Jurnal PolGov

Skripsi Karya

  1. Skripsi karya yang dibuat oleh penulis merupakan skripsi karya berbentuk jurnal
  2. Direkomendasikan oleh dosen pembimbing skripsi untuk dipublikasikan dalam bentuk jurnal
  3. Naskah terdiri dari minimal 4000 kata
  4. Naskah belum pernah diterima atau diterbitkan di jurnal manapun
  5. Penulis mampu mengikuti alur penerbitan sesuai dengan ketentuan Jurnal PolGov

Media

Media merupakan sarana komunikasi antar stakeholder yang ada di dalam Departemen Politik dan Pemerintahan UGM yang diwujudkan dalam bentuk sosial media instagram, facebook, twitter, YouTube, TikTok, hingga spotify “Departemen Politik dan Pemerintahan UGM”. Dalam perkembangannya, media berkolaborasi dengan kreatifitas mahasiswa dalam penugasan mata kuliah yang diwadahi oleh segmen “Karya Mahasiswa” serta bekerja sama dalam hal kreasi konten.

Layanan Pengaduan

Mahasiswa dapat menyampaikan kritik, saran, serta kebutuhan yang berkaitan dengan Departemen Politik dan Pemerintahan UGM melalui:

Sekretariat S1
Hotline Kekerasan Seksual (KS)
Wigke Capri_cropped
Wigke Capri Arti (Sekretaris Prodi S1)
Devy Dhian Cahyani
Devy Dhian Cahyati

Syarat Kelulusan Program Sarjana

Mahasiswa dinyatakan lulus Program Sarjana apabila memenuhi persyaratan berikut :

  1. Telah menyelesaikan sekurang-kurangnya sejumlah 144-148 sks yang diwajibkan
  2. IPK minimal 2,00
  3. Nilai mata kuliah wajib minimal C
  4. Jumlah SKS dengan nilai D tidak lebih dari 10% jumlah SKS total
  5. Tidak ada nilai E
  6. Lulus ujian skripsi

Kriteria Kelulusan Program Sarjana

Predikat kelulusan diberikan dalam tiga jenjang, yaitu jenjang tertinggi predikat cum laude, jenjang menengah dengan predikat sangat memuaskan dan jenjang di bawahnya dengan predikat memuaskan.

Kriteria kelulusan masing-masing predikat adalah sebagai berikut :

  1. Dengan Pujian (Cum laude)
    1. IPK 3,51 atau lebih
    2. Masa studi yang telah dijalani maksimum 10 semester.
  2. Sangat Memuaskan
    1. Indeks Prestasi Kumulatif 2,75 atau lebih
    2. Tidak ada batas pengulangan mata kuliah
  3. Memuaskan
    1. Indeks Prestasi Kumulatif 2,50 – 2,74
    2. Tidak ada batas pengulangan mata kuliah

Kewenangan menetapkan kelulusan dengan predikat cum laude, sangat memuaskan, dan memuaskan ditetapkan oleh Dekan Fakultas.

Langkah-Langkah Entry Data Wisudawan dan Pengumpulan Berkas

Beberapa data wisudawan yang dibutuhkan dalam Entry Data di Simaster adalah sebagai berikut:

  1. Penulisan nama : disesuaikan dengan Ijazah SMA (tidak semua huruf kapital)
  2. Penulisan Tempat, Tanggal Lahir : disesuaikan dengan ijazah SMA
  3. Tanggal Masuk
  4. Tanggal Lulus : diisi tanggal pendadaran
  5. IPK, SKS disesuaikan dengan transkrip (lihat di portal)
  6. Predikat :
    1. 00 – 2.74 : Memuaskan
    2. 75 – 3.50 : Sangat Memuaskan
    3. 51 – 4.00 : Cum Laude (Masa Studi Max. 5 Thn)
    4. 51 – 4.00 : Sangat memuaskan (Masa studi lebih dari 5 Thn)
  7. Pengisian nama dosen pembimbing dan penguji ditulis lengkap gelarnya. Urutan pertama : Pembimbing. Urutan kedua dan ketiga : Penguji.
  8. Judul skripsi yang di entri judul yang sudah direvisi.
  9. Data yang lain semuanya harus diisi lengkap.

Urutan Berkas yang harus dikumpulkan:

  1. Foto hitam putih ukuran 3 × 4 (2 lembar)
  2. KTM Asli
  3. Bukti pengumpulan CD Skripsi dari Perpustakaan UGM
  4. Form Surat Keterangan bebas pustaka dan lain-lain (sudah dimintakan tanda tangan dan cap) dan lampiran-lampiran dari Perpustakaan
  5. Data-data Wisudawan dicetak (2 lembar) dan di tempel foto hitam putih 3 × 4
  6. Form ijazah, di cetak landscape (1 lembar) dan di tempel foto hitam putih 3 × 4
  7. Form KAGAMA 91 lembar dan di tempel foto 2 × 3 berwarna (Background Biru)
  8. Foto Copy Ijazah SMA (2 lembar)
  9. Judul skripsi dalam bahasa Indonesia dan Inggris

Wisuda

Mahasiswa dapat mengurus dan melengkapi persyaratan administratif wisuda di Fakultas bila telah menyerahkan skripsi. Mahasiswa yang tidak mengumpulkan naskah skripsi tidak berhak mengikuti wisuda, memperoleh ijazah dan transkrip nilai.

Persyaratan administratif wisuda di fakultas meliputi :

  1. Telah dinyatakan lulus oleh Jurusan
  2. Mengisi formulir pendaftaran calon wisudawan di seksi akademik dan kemahasiswaan dan melengkapi persyaratan lain yang terdapat di dalamnya.
  3. Mahasiswa yang telah melengkapi seluruh persyaratan wisuda di fakultas kemudian disebut sebagai calon wisudawan.

Upacara Wisuda

  1. Mahasiswa yang telah ditetapkan sebagai calon wisudawan berhak mengikuti upacara wisuda yang diselenggarakan oleh Universitas.
  2. Calon wisudawan yang belum memenuhi semua persyaratan administratif yang ditetapkan oleh universitas dan fakultas diberi kesempatan untuk mengikuti wisuda pada periode berikutnya.
  3. Mahasiswa yang telah mengikuti upacara wisuda mendapatkan ijazah dan transkrip nilai sebagai lampiran ijazah.
  4. Calon Wisudawan yang tidak mengikuti upacara wisuda, ijazah, transkip nilai, samir dan kelengkapan lainnya diterimakan di Seksi Akademik dan Kemahasiswaan Fisipol UGM.

GALERI