PROGRAM SARJANA / S1

Departemen Politik dan Pemerintahan
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Gadjah Mada

Terakreditasi oleh:

Sekuen Umum

Kurikulum Prodi S1 Ilmu Politik dan Pemerintahan UGM menggunakan kurikulum 2016 yang berlaku hingga saat ini. Mahasiswa wajib memenuhi syarat 144 SKS selama masa studi dengan mengambil mata kuliah yang telah disediakan. Mata kuliah yang ditawarkan bersifat semi paket dan terdiri dari mata kuliah wajib dan minat. Mata kuliah wajib berasal dari mata kuliah wajib universitas, fakultas, dan departemen. Sedangkan mata kuliah minat terdiri dari minat studi negara, intermediary, masyarakat, dan pilihan umum.

Pilihan Departemen

Mahasiswa dapat memilih mata kuliah pilihan yang telah dibagi ke dalam tiap semester di bawah ini:

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

S1 Ilmu Politik dan Pemerintahan UGM telah menerapkan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” (MBKM) sebagai salah satu metode pembelajaran bagi mahasiswa. MBKM merupakan program persiapan karir yang komprehensif sebagai bagian dari kebijakan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Melalui skema MBKM, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan, pengalaman dan skill di luar metode pembelajaran konvensional. Ada beberapa program yang ditawarkan dalam MBKM, diantaranya yaitu:

MAGANG

Program Magang MBKM memampukan mahasiswa untuk melaksanakan magang di instansi-instansi yang bergerak di bidang ilmu politik dan/atau ilmu pemerintahan guna merefleksikan teori yang telah didapatkan di kelas. Selain itu, mahasiswa juga dapat memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman yang didapat dari kegiatan magang untuk dituangkan dalam tugas akhir berupa skripsi karya magang.

INDEPENDENT STUDY

Program independent study bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hingga dua semester dan dapat dilakukan secara mandiri maupun berkelompok untuk membuat karya inovatif, ikut serta dalam proyek/kegiatan departemen atau terlibat dalam perlombaan di level nasional/internasional.

RISET

Dalam program riset, mahasiswa dapat mengikuti proyek penelitian di lembaga-lembaga riset. Melalui program ini, mahasiswa dapat mengasah ketrampilan, mendapatkan pengalaman dan mengasah kemampuan mengalisis data.

Indonesian International Student Mobility Awards

Mahasiswa dapat belajar 1 semester di perguruan tinggi di negara lain untuk mendapatkan pengetahuan baru maupun pengalaman selama tinggal di negara lain.

Kampus Mengajar

Mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengajar di SD maupun SMP sehingga dapat membagikan ilmunya dan memberikan inspirasi bagi siswa sekolah dasar dan menengah.

Membangun Desa (KKN Tematik)

Mahasiswa mempunyai kesempatan untuk berkontribusi dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan, sekaligus dapat belajar langsung dari masyarakat.

Pejuang Muda Kampus Merdeka

Program ini memberikan ruang pada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya dengan berkolaborasi dengan pemerintah daerah, tokoh masyarakat maupun tokoh agama di daerah.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Mahasiswa dapat belajar di kampus lain, sekaligus mempelajari budaya nusantara dan membangun pertemanan dengan mahasiswa di universitas lain.

Wirausaha Merdeka

Mahasiwa yang memiliki ketertarikan pada dunia wirausaha, dapat meningkatkan kapasitas, mendapat pengalaman, sekaligus membangun ide inovasi wirausaha yang berkelanjutan.

Proyek Kemanusiaan

Melalui program ini, mahasiswa dapat dapat mengembangkan kegiatan kemanusiaan untuk mengatasi isu-isu sosial.

Program-program diatas misalnya riset, aktivisme, magang, prestasi, yang sudah dilakukan oleh mahasiswa dapat diklaimkan sebagai kredit semester melalui skema rekognisi. Mekanisme ini membuka peluang bagi kegiatan mahasiswa di luar kampus untuk disetarakan dalam SKS.

KRS

Syarat mengisi KRS :

  1. Telah melakukan heregistrasi mahasiswa
  2. Telah mengisi evaluasi dosen mengajar (EDOM)
  3. Mahasiswa mengisi KRS sesuai jadwal yang ditentukan oleh Bagian Akademik Fakultas
  4. Seluruh mahasiswa aktif wajib mengisi KRS termasuk pengambilan skripsi.

Panduan melakukan KRS

Langkah-langkah melakukan KRS di sismaster dapat dilihat pada video berikut Panduan KRS untuk Mahasiswa Fisipol UGM

Nilai

Ujian

  1. Ujian diselenggarakan dua kali dalam satu semester oleh Fakultas yaitu ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS).
  2. Bentuk dan mekanisme ujian diserahkan kepada dosen pengampu mata kuliah yang akan disampaikan pada awal perkuliahan.
  3. Penilaian hasil belajar dilakukan oleh dosen yang mencakup akumulasi nilai ujian (tengah dan akhir semester), keaktifan di kelas, tugas, kedisiplinan, dan kejujuran akademik.
  4. Penentuan bobot setiap komponen diserahkan kepada dosen pengampu mata kuliah yang bersangkutan.

Indikator Nilai
Nilai akhir mahasiswa akan diserahkan dalam bentuk huruf dan angka dengan penjelasan mutu dan bobot yang terkandung sebagai berikut:

Transparansi Penilaian
Mekanisme pengaduan nilai disesuaikan dengan kontrak belajar di tiap mata kuliah. Apabila ada hal yang perlu dikomunikasikan dan dikonfirmasikan lebih lanjut, silahkan langsung menghubungi dosen yang bersangkutan. Apabila tidak mendapatkan tanggapan dari dosen yang bersangkutan dalam waktu dua minggu, maka dapat difasilitasi oleh pengelola prodi S1 DPP.

Indikator Penilaian Dosen

Cuti Mahasiswa

Cuti akademik adalah keadaan tidak terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada, maksimal dua semester berturut-turut dengan ijin tertulis dari Dekan atau Rektor.

Mahasiswa berhak untuk mengambil cuti akademik masa kuliah. Ketentuan pengambilan cuti akademik harus mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  • Dalam keadaan tidak terdaftar sebagai mahasiswa Fisipol (belum membayar BOP, SPP ataupun UKT)
  • Masa cuti akademik tidak melebihi (atau maksimal) dua semester kumulatif dan tidak berturut-turut
  • Bila persyaratan memenuhi maka ijin cuti diberikan oleh dekan. Apabila tidak memenuhi, ijin cuti diajukan kepada rektor.
  • Tidak berhak menerima pelayanan akademik (bimbingan tesis)
  • Syarat pengajuan cuti: a) terdaftar aktif pada semester sebelumnya; b) lulus minimal 30 SKS dengan IPK minimal 2.00
  • Prosedur cuti :
    1. Surat permohonan diajukan kepada Dekan dengan persetujuan Dosen pembimbing dan pengelola prodi
    2. Cuti diajukan selambat-lambatnya 2 minggu sebelum periode daftar ulang semester berikutnya;
    3. Cuti akademik tidak dihitung dengan kaitannya waktu studi
    4. Selama periode cuti akademik, mahasiswa yang bersangkutan tidak wajib membayar biaya SPP dan biaya lainnya

Fieldtrip

Fieldtrip merupakan kegiatan pembelajaran dengan melakukan kunjungan lapangan ke lembaga swadaya masyarakat maupun institusi pemerintahan sesuai dengan mata kuliah dan sasaran pembelajaran bagi mahasiswa.

Lembaga Swadaya Masyarakat
Metode field trip memampukan mahasiswa terlibat langsung dan berpartisipasi dalam kegiatan lembaga swadaya masyarakat serta berinteraksi dengan keragaman lokal yang mahasiswa temui. Beberapa diantaranya, mahasiswa telah mengikuti field trip bersama Lingkar Organik, Kelompok Tani di Tirtosari, Perpustakaan Open Page, dan lain-lain.

Lembaga Pemerintahan
Metode field trip memberi kesempatan pada mahasiswa untuk menemui aktor-aktor dalam pemerintahan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Beberapa diantaranya mahasiswa telah berkesempatan untuk berinteraksi dan mengikuti kegiatan KPU Kota Yogyakarta, DPRD DIY, dan lain-lain.

Kuliah Umum

Tak hanya belajar dari ruang kelas, kuliah umum memampukan mahasiswa untuk mempelajari isu-isu terkini dan praktiknya melalui narasumber yang ahli di bidangnya. Kuliah umum memperluas cakupan pembelajaran mahasiswa diluar mata kuliah yang telah ada dan memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan praktisi tersebut. Beberapa contoh kuliah umum yang telah dilaksanakan ialah “Sociopreneurship: Empowering Community through E-Commerce Innovation” bersama Founder Bukalapak, Achmad Zaky, dan “Big Data dan Perannya dalam Politik Elektoral di Indonesia” bersama Rustika Herlambang, Direktur Komunikasi Indonesia Indicator.

Dosen Tamu

Dosen tamu merupakan upaya untuk menyalurkan pengetahuan lapangan secara eksklusif dari praktisi di bidangnya bagi mahasiswa dengan metode diskusi hingga tanya jawab. Kehadiran dosen tamu membuat bahasan dalam perkuliahan semakin mendalam. Dosen tamu yang kerap kali menjadi narasumber dalam perkuliahan misalnya lurah.

Bantuan Dana

Klaim Insentif Lomba
Bagi mahasiswa S1 yang telah mendapatkan prestasi di tingkati provinsi hingga internasional dapat melakukan klaim insentif lomba dengan mengikuti cara berikut ini:

  1. Login ke akun Simaster di simaster.ugm.ac.id dan pilih sub menu “Aktivitas Mahasiswa” pada menu “Kemahasiswaan”
  2. Klik “Tambah Akivitas” lalu pilih “Prestasi” (Sang Juara) dan pilih “Kejuaraan/Kompetisi”
  3. Lengkapi data klaim prestasi lalu klik “Simpan Aktivitas”
  4. Pilih “Ajukan Prestasi” dan klik “Ya”
  5. Tunggu data diverifikasi oleh petugas hingga status berubah menjadi “Data Diterima”
  6. Ajukan insentif dengan klik “Ubah Insentif”
  7. Lengkapi data dan tunggu hingga insentif diberikan pada mahasiswa

Layanan WhatsApp Sub-Direktorat Kreativiras Mahasiswa dapat menghubungi 0822-4334-6611
Sumber informasi: Forum Advokasi UGM

Korps Mahasiswa Politik dan Pemerintahan (KOMAP)

Korps Mahasiswa Politik dan Pemerintahan (KOMAP) merupakan himpunan mahasiswa departemen yang menjadi wadah mahasiswa DPP UGM berorganisasi dan berdinamika bersama. Dalam KOMAP, mahasiswa dapat melatih kemampuan kepemimpinan, bekerja sama, hingga berkreasi dalam seni dan olahraga. KOMAP juga merupakan sarana advokasi bagi mahasiswa DPP UGM.

Jenis Tugas Akhir

Terdapat dua jenis tugas akhir yang dapat dipilih mahasiswa S1 Departemen Politik Pemerintahan yaitu:

Skripsi
Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang menjadi tugas akhir mahasiswa. Karya tulis ini didahului dengan penelitian ilmiah yang hasilnya kemudian disusun menjadi skripsi. Penulisan skripsi mempunyai bobot kredit sebesar 6 SKS.

Skripsi Karya

  1. Karya ilmiah yang merupakan tugas akhir mahasiswa, yang didahului dengan penelitian ilmiah, dengan dimensi praktis yang lebih kuat dibandingkan skripsi konvensional. Ada beberapa variasi bentuk skripsi karya, yaitu:
    1. Artikel Jurnal
      Karya tulis ilmiah yang disusun sesuai dengan kaidah penyusunan jurnal akademik. Jenis skripsi artikel jurnal memiliki bobot kredit sejumlah 6 SKS.
    2. Produk Advokasi
      Skripsi karya dengan variasi produk advokasi memiliki tiga bentuk meliputi:
      1. Policy Paper/Kertas Kebijakan
        Hasil penelitian yang fokus pada satu isu kebijakan tertentu dan memberikan rekomendasi kebijakan yang jelas kepada pembuat kebijakan. Policy paper memiliki bobot kredit sebesar 3 SKS.
      2. Naskah Akademik
        Naskah yang dipertanggungjawabkan secara ilmiah mengenai konsepsi yang berisi latar belakang, tujuan penyusunan, sasaran yang ingin diwujudkan dan lingkup, jangkauan, objek, atau arah pengaturan rancangan peraturan perundang-undangan. Naskah akademik memiliki bobot kredit sebesar 6 SKS.
      3. Film/video dokumenter
        Film/video non cerita yang menggabungkan unsur fakta dan unsur subyektifitas pembuatnya. Film/video dokumenter memiliki bobot kredit sebesar 6 SKS.
  2. Magang/Laporan magang

Bimbingan

Selama proses perkuliahan, mahasiswa akan melakukan komunikasi yang intens dengan satu Dosen Pembimbing akademik (DPA) masing-masing. Dalam proses pembimbingan ini, mahasiswa bisa mengkonsultasikan berbagi hal yang terkait dengan proses akademik seperti pengisian KRS, penentuan mata kuliah yang diambil hingga desain skripsi yang ingin ditulis. Semua proses pembimbingan dan konsultasi tersebut akan dimonitoring secara tertulis melalui Sistem Monitoring Kemajuan Akademik dan Kemajuan Pembimbingan Skripsi.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan oleh mahasiswa untuk mengikuti mekanisme pembimbingan dan konsultasi dengan dosen yaitu :

  1. Mengikuti jadwal bimbingan dan konsultasi. Mahasiswa dapat menghadiri bimbingan dan konsultasi sesuai jadwal yang telah ditentukan apabila dosen pembimbing yang bersangkutan sudah memiliki jadwal bimbingan dan konsultasi tetap.
  2. Membuat janji terlebih dahulu dengan dosen pembimbing. Hal ini diperuntukan apabila mahasiswa ingin mengikuti bimbingan atau melakukan konsultasi akademik dengan dosen pembimbing yang tidak menentukan jadwal tetap untuk bimbingan dan konsultasi. Mahasiswa dapat membuat kesepakatan waktu dengan dosen melalui email, menghubungi via telepon, maupun menemui secara langsung.

Pembimbingan Skripsi Alur pembimbingan skripsi bagi mahasiswa yang mengambil skripsi sebagai berikut:

  1. Pengelola jurusan menentukan pembimbingan bagi mahasiswa yang mengajukan tema/judul skripsi. Kriteria penentuan dosen pembimbing dengan mempertimbangkan beberapa hal meliputi :
    1. Kesesuaian topik skripsi dengan keahlian dosen
    2. Beban pembimbingan untuk tiap-tiap dosen
    3. Kriteria lain yang ditentukan jurusan
  2. Ketua jurusan mengeluarkan Surat Keputusan pembimbing skripsi
  3. Pembimbingan skripsi dimulai setelah jurusan mengeluarkan surat keputusan.

Proses pembimbingan dimonitori melalui buku monitoring kemajuan skripsi yang disediakan oleh Seksi Akademik dan Kemahasiswaan.

Call for Proposal: Hibah Penulisan Ilmiah Mahasiswa Magister Politik dan Pemerintahan 2024

Program Citizen Engagement and Natural Resource Governance Education (CitRes-Edu) di bawah Departemen Politik dan Pemerintahan UGM dan bekerjasama dengan Departemen Geografi, Norwegian University of Science and Technology (NTNU) menyelenggarakan hibah penulisan ilmiah. 

Total hibah yang akan diberikan adalah sebanyak 4 paket.

Topik:

  1. Ekstraksi Mineral
  2. Transisi Energi
  3. Perikanan dan Kelautan
  4. Kehutanan Sosial
  5. Pertanian dan Politik Pangan

Keluaran/Output: Menghasilkan draft publikasi ilmiah di jurnal yang terakreditasi

Proposal yang lolos seleksi akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  1. Dukungan pendanaan sebesar IDR 5.000.000/tim;
  2. Pelatihan riset dan penulisan;
  3. Bimbingan dan pendampingan dari dosen di Departemen Politik dan Pemerintahan

Persyaratan:

  1. Peserta merupakan mahasiswa Program Studi Magister Politik dan Pemerintahan UGM Angkatan 2022, 2023, dan 2024
  2. Mengirimkan proposal dalam format tim yang beranggotakan 3 (tiga) orang mahasiswa Program Studi Magister Politik dan Pemerintahan UGM.
  3. Mengirimkan:
  4. Cover Letter untuk 1 tim;
  5. Proposal penelitian singkat (maks. 1 halaman) yang berisi: latar belakang, pertanyaan penelitian, dan potensi kebaruan (dapat dituliskan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris)
  6. CV anggota tim.

Dokumen dapat dikirimkan ke alamat email: citres.fisipol@ugm.ac.id, dengan subjek: “Nama Ketua – Judul Singkat – Hibah S2 DPP 2024”

Timeline

  • 3-30 September 2024: Periode pengiriman proposal
  • 8 Oktober 2024: Pengumuman hasil seleksi
  • 10-11 Oktober 2024: Pelatihan riset dan penulisan
  • 14 Oktober-14 November 2024: Pelaksanaan penelitian dan pendampingan
  • 22 November 2024: Workshop hasil penelitian
  • 16 Desember 2024: Pengumpulan output akhir

Narahubung: Rahmayani (+62 8777 7634 755)

Publikasi

Dalam hal publikasi, keterlibatan mahasiswa terbuka luas dalam pembuatan karya tulis berupa jurnal dan buku. Mahasiswa dapat terlibat melalui “Call for Paper” dan/atau pengumpulan tugas akhir dalam bentuk skripsi karya dengan memenuhi ketentuan seperti di bawah ini:

Call for Paper: PCD Journal

Tema penulisan:

  1. Gerakan sosial politik
  2. Politik agraria-pertanahan
  3. Pemilu dan pemilihan kepala daerah
  4. tema-tema lain terkait politik dan pemerintahan di Indonesia

Ketentuan penulisan:

  1. Naskah jurnal terdiri atas minimal 4.000 kata
  2. Naskah belum pernah diterima atau diterbitkan di jurnal manapun
  3. Penulis mampu mengikuti alur penerbitan sesuai dengan ketentuan Jurnal PolGov

Media

Media merupakan sarana komunikasi antar stakeholder yang ada di dalam Departemen Politik dan Pemerintahan UGM yang diwujudkan dalam bentuk sosial media instagram, facebook, twitter, YouTube, TikTok, hingga spotify “Departemen Politik dan Pemerintahan UGM”. Dalam perkembangannya, media berkolaborasi dengan kreatifitas mahasiswa dalam penugasan mata kuliah yang diwadahi oleh segmen “Karya Mahasiswa” serta bekerja sama dalam hal kreasi konten.

Layanan Pengaduan

Mahasiswa dapat menyampaikan kritik, saran, serta kebutuhan yang berkaitan dengan Departemen Politik dan Pemerintahan UGM melalui:

Syarat Kelulusan Program Sarjana

Mahasiswa dinyatakan lulus Program Sarjana apabila memenuhi persyaratan berikut :

  1. Telah menyelesaikan sekurang-kurangnya sejumlah 144-148 sks yang diwajibkan
  2. IPK minimal 2,00
  3. Nilai mata kuliah wajib minimal C
  4. Jumlah SKS dengan nilai D tidak lebih dari 10% jumlah SKS total
  5. Tidak ada nilai E
  6. Lulus ujian skripsi

Kriteria Kelulusan Program Sarjana

Predikat kelulusan diberikan dalam tiga jenjang, yaitu jenjang tertinggi predikat cum laude, jenjang menengah dengan predikat sangat memuaskan dan jenjang di bawahnya dengan predikat memuaskan.

Kriteria kelulusan masing-masing predikat adalah sebagai berikut :

  1. Dengan Pujian (Cum laude)
    1. IPK 3,51 atau lebih
    2. Masa studi yang telah dijalani maksimum 10 semester.
  2. Sangat Memuaskan
    1. Indeks Prestasi Kumulatif 2,75 atau lebih
    2. Tidak ada batas pengulangan mata kuliah
  3. Memuaskan
    1. Indeks Prestasi Kumulatif 2,50 – 2,74
    2. Tidak ada batas pengulangan mata kuliah

Kewenangan menetapkan kelulusan dengan predikat cum laude, sangat memuaskan, dan memuaskan ditetapkan oleh Dekan Fakultas.

Langkah-Langkah Entry Data Wisudawan dan Pengumpulan Berkas

Beberapa data wisudawan yang dibutuhkan dalam Entry Data di Simaster adalah sebagai berikut:

  1. Penulisan nama : disesuaikan dengan Ijazah SMA (tidak semua huruf kapital)
  2. Penulisan Tempat, Tanggal Lahir : disesuaikan dengan ijazah SMA
  3. Tanggal Masuk
  4. Tanggal Lulus : diisi tanggal pendadaran
  5. IPK, SKS disesuaikan dengan transkrip (lihat di portal)
  6. Predikat :
    1. 00 – 2.74 : Memuaskan
    2. 75 – 3.50 : Sangat Memuaskan
    3. 51 – 4.00 : Cum Laude (Masa Studi Max. 5 Thn)
    4. 51 – 4.00 : Sangat memuaskan (Masa studi lebih dari 5 Thn)
  7. Pengisian nama dosen pembimbing dan penguji ditulis lengkap gelarnya. Urutan pertama : Pembimbing. Urutan kedua dan ketiga : Penguji.
  8. Judul skripsi yang di entri judul yang sudah direvisi.
  9. Data yang lain semuanya harus diisi lengkap.

Urutan Berkas yang harus dikumpulkan:

  1. Foto hitam putih ukuran 3 × 4 (2 lembar)
  2. KTM Asli
  3. Bukti pengumpulan CD Skripsi dari Perpustakaan UGM
  4. Form Surat Keterangan bebas pustaka dan lain-lain (sudah dimintakan tanda tangan dan cap) dan lampiran-lampiran dari Perpustakaan
  5. Data-data Wisudawan dicetak (2 lembar) dan di tempel foto hitam putih 3 × 4
  6. Form ijazah, di cetak landscape (1 lembar) dan di tempel foto hitam putih 3 × 4
  7. Form KAGAMA 91 lembar dan di tempel foto 2 × 3 berwarna (Background Biru)
  8. Foto Copy Ijazah SMA (2 lembar)
  9. Judul skripsi dalam bahasa Indonesia dan Inggris

Wisuda

Mahasiswa dapat mengurus dan melengkapi persyaratan administratif wisuda di Fakultas bila telah menyerahkan skripsi. Mahasiswa yang tidak mengumpulkan naskah skripsi tidak berhak mengikuti wisuda, memperoleh ijazah dan transkrip nilai.

Persyaratan administratif wisuda di fakultas meliputi :

  1. Telah dinyatakan lulus oleh Jurusan
  2. Mengisi formulir pendaftaran calon wisudawan di seksi akademik dan kemahasiswaan dan melengkapi persyaratan lain yang terdapat di dalamnya.
  3. Mahasiswa yang telah melengkapi seluruh persyaratan wisuda di fakultas kemudian disebut sebagai calon wisudawan.

Upacara Wisuda

  1. Mahasiswa yang telah ditetapkan sebagai calon wisudawan berhak mengikuti upacara wisuda yang diselenggarakan oleh Universitas.
  2. Calon wisudawan yang belum memenuhi semua persyaratan administratif yang ditetapkan oleh universitas dan fakultas diberi kesempatan untuk mengikuti wisuda pada periode berikutnya.
  3. Mahasiswa yang telah mengikuti upacara wisuda mendapatkan ijazah dan transkrip nilai sebagai lampiran ijazah.
  4. Calon Wisudawan yang tidak mengikuti upacara wisuda, ijazah, transkip nilai, samir dan kelengkapan lainnya diterimakan di Seksi Akademik dan Kemahasiswaan Fisipol UGM.

GALERI