Calon Mahasiswa

PROGRAM MAGISTER / S2
DPP UGM

DAYA
TAMPUNG
0
Mahasiswa / angkatan

1 – Pendaftaran

Membuat akun pendaftaran melalui laman um.ugm.ac.id.

2 – Verifikasi Email

Memperoleh email verifikasi akun pendaftaran

3 – Login

Login pada website untuk memilih jalur, prodi tujuan, melengkapi data, dan mengunggah dokumen

4 – Mengunci Data

Mengunci data pendaftaran

5 – Pembayaran

Membayar biaya pendaftaran

6 – Verifikasi Dokumen

Verifikasi dokumen secara online

7 – Seleksi Wawancara

Tes substantif/seleksi oleh prodi (Jika Ada)

8 – Pengumuman

Selamat bergabung di Departemen Politik dan Pemerintahan

Informasi lebih lanjut kunjungi laman berikut um.ugm.ac.id

Konsentrasi Keilmuan

Program Studi Magister Politik dan Pemerintahan UGM saat ini menawarkan lima konsentrasi keilmuan yaitu Politik Indonesia, Politik Lokal dan Otonomi Daerah, Tata Kelola Pemilu, Tata Kelola Sumber Daya Alam, dan Hak Asasi Manusia dan Demokrasi.

1. Politik Indonesia
Konsentrasi ini mendalami tentang dinamika politik Indonesia pada level nasional. Melalui konsentrasi ini mahasiswa didorong untuk memahami aktor, institusi, mekanisme, serta arah perubahan politik di Indonesia dari waktu ke waktu. Mahasiswa akan mempelajari tentang variasi pendekatan dan teori yang menjelaskan perubahan tersebut. Kompetensi analitik akan menjadi dimensi utama yang akan dikembangkan melalui konsentrasi ini.

2. Politik Lokal dan Otonomi Daerah
Konsentrasi ini mengeksplorasi perubahan politik dan pemerintahan pada skala lokal terutama pasca reformasi politik dan implementasi kebijakan desentralisasi. Meski begitu, melalui desain perkuliahan yang ada mahasiswa juga didorong untuk memahami perkembangan pada konteks yang lebih luas. Perubahan di tingkat lokal adalah juga hasil dari pengaruh dan perubahan yang terjadi pada tingkat nasional dan global. Konsentrasi ini hendak mendorong mahasiswa untuk memiliki kompetensi analitik yang kuat namun juga dipadukan dengan kompetensi praktis dan advokatif yang memungkinkan mahasiswa terlibat aktif dalam perubahan sosial di tingkat lokal.

3. Tata Kelola Pemilu
Pemilu telah menjadi mekanisme penting dalam pelembagaan demokrasi di Indonesia. Karena itu dibutuhkan sumber daya manusia yang kuat untuk mengawal pemilu yang berkualitas dan berkeadilan. Konsentrasi ini membekali mahasiswa dengan kompetensi analitis dan praktis dengan mendorong pemahaman tentang aspek-aspek makro maupun mikro dalam pengelolaan pemilu. Melalui proses perkuliahan yang melibatkan metode yang lebih aktif mahasiswa juga akan didorong untuk menemukan solusi-solusi riil tentang pengelolaan pemilu yang lebih transparan, akuntabel, dan demokratis.

4. Hak Asasi Manusia dan Demokrasi
Hak Asasi Manusia (HAM) dan demokrasi telah menjadi norma global yang penting dan melandasi setiap praktek sosial dan politik. Meski begitu sebagai norma global dalam prakteknya HAM dan demokrasi seringkali melahirkan ketegangan-ketegangan baru karena adanya variasi konteks sosial dan politik. Konsentrasi HAM dan Demokrasi Prodi S2 Politik dan Pemerintahan berupaya untuk memahami ragam perspektif dalam area ini. Fokus akan diarahkan tidak hanya pada dimensi nilai namun juga aspek kelembagaan serta dampaknya terhadap perubahan sosial dan politik. Konsentrasi ini mendorong mahasiswa untuk memiliki kompetensi analitik yang kuat serta kemampuan advokatif yang terkait dengan demokrasi dan hak asazi manusia.

5. Sumber Daya Alam
Hampir seluruh praktek politik tidak bisa dilepaskan dari faktor sumber daya, yang salah satunya sumber daya alam. Konsentrasi SDA di program S2 Politik Pemerintahan mengajak mahasiswa untuk mendiskusikan pentingnya sumber daya alam dalam konteks ekonomi politik, baik lokal, nasional maupun internasional. Konsentrasi SDA membahas bagaimana proses-proses politik berkelindan dengan aktor-aktor korporasi demi kepentingan ekonomi politik. Tidak jarang, proses-proses politik yang dilakukan merupakan tujuan antara demi menciptakan keberlangsungan ekonomi esktraktif di berbagai sektor dan aktor.

MATA KULIAH

Pada semester 1, mahasiswa S2 Departemen Politik dan Pemerintahan memiliki 6 (enam) mata kuliah wajib yang harus diselesaikan sebelum melanjutkan semester berikutnya.

Di semester 2, mahasiswa S2 hanya memiliki 1 (satu) mata kuliah wajib, yaitu Metode Penelitian. Di semester ini pula mahasiswa S2 diharuskan untuk memilih 4 (empat) dari 5 (lima) mata kuliah dari 1 (satu) konsentrasi saja. Lalu Mahasiswa S2 diharuskan untuk memilih 1 (satu) mata kuliah diluar konsentrasi yang sudah dipilih. Artinya, mahasiswa S2 di Semester 2 memiliki total 6 (enam) mata kuliah yang harus diselesaikan untuk melanjutkan ke semester berikutnya.

Magister Politik dan Pemerintahan
Jalur Reguler

0

Juta Rupiah /
semester

Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada nomor 429/UN1.P/KPT/HUKOR/2022  tentang Uang Kuliah Tunggal dan Biaya Pendidikan Universitas Gadjah Mada Tahun Akademik 2022/2023. Lebih lengkap dapat diunduh melalui link UKT Program Pascasarjana UGM

Ada 2 syarat, yaitu syarat umum dan syarat khusus. Syarat umum mengikuti persyaratan universitas, informasi lebih lanjut terkait syarat umum ini bisa diakses melalui tautan um.ugm.ac.id. Syarat khusus prodi: Proyeksi keinginan dan rancangan proposal penelitian.

Informasi bisa diakses melalui laman um.ugm.ac.id, melalui website dpp.fisipol.ugm.ac.id. Serta kami juga akan selalu memberikan informasi terbaru melalui media sosial kami.

Ada 2 proses seleksi, pertama seleksi administrasi berupa kelengkapan berkas. Kedua tes wawancara yang dilakukan secara online melalui aplikasi zoom atau google meet. Penilaian dari 2 tahapan seleksi ini yang nantinya akan menjadi pertimbangan untuk lolos dan tidaknya calon mahasiswa.

Pada saat seleksi, calon mahasiswa diperbolehkan untuk melampirkan sertifikat hasil tes potensi dan tes kemampuan Bahasa dengan skor dibawah persyaratan. Namun demikian, calon mahasiswa diharuskan dapat mengumpulkan sertifikat dengan skor yang sudah memenuhi persyaratan saat dinyatakan lolos dan melakukan proses registrasi.

Untuk lulus dari Magister Politik dan Pemerintahan, mahasiswa diharuskan untuk menyelesaikan sejumlah 42 sks. Pada semester pertama mahasiswa akan mengambil mata kuliah dasar politik dan pemerintahan, kemudian pada semester kedua mahasiswa wajib untuk mengikuti kuliah metode penelitian serta kuliah konsentrasi sebanyak 4 mata kuliah. Pada semester 3 dan 4 mahasiswa diharapkan akan fokus pada ujian proposal tesis serta proses penyusunan tesis dan ujian tesis.

Program Studi Magister Politik dan Pemerintahan UGM saat ini menawarkan lima konsentrasi keilmuan yaitu Politik Indonesia, Politik Lokal dan Otonomi Daerah, Tata Kelola Pemilu, Tata Kelola Sumber Daya Alam, dan Hak Asasi Manusia dan Demokrasi.

Jumlah kuota mahasiswa tiap angkatan pada Prodi Magister Politik dan Pemerintahan adalah 50 mahasiswa.

Jawaban: Besaran UKT untuk Magister Politik dan Pemerintahan mengacu pada Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 6949/UN1.P/KPT/HUKOR/2021, dengan besaran 10.000.000/semester.

penilaian didasarkan pada dokumen administrasi serta penilaian saat wawancara.

Kami bekerjasama dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri. Dalam negeri meliputi: LPDP, KPU RI, Pemerintah daerah. Sedangkan untuk beasiswa dari luar negeri, bisa meliputi kegiatan pertukaran mahasiswa, dan kesempatan bergabung dengan kolaborasi kerjasama riset untuk mendapatkan kesempatan beasiswa.